8.11.09

G E N S E T (GENERATOR SET)

Pemadaman listrik yang kini masih terjadi dibeberapa daerah tertentu membuat penjualan generator set (genset) laris manis. Kadang kita juga merasa terganggu sekali dengan pemadaman listrik karena mungkin aktivitas kita sebagian besar tergantung dengan pasokan listrik ke rumah atau kantor kita. Nah, saat ini sudah jamak dirumah-rumah pribadi menggunakan genset sebagai backup pasokan listrik jika terjadi mati lampu.

FUNGSI GENSET
Generator listrik mandiri atau sering disebut genset adalah pembangkit daya listrik yang biasa digunakan kantor, pusat belanja, pabrik atau hotel untuk memenuhi kebutuhan listrik saat terhentinya suplay listrik dari PLN. Biasanya genset berbahan bakar minyak seperti premium atau bensin, solar, bensin campuran, bahkan ada juga yang berbahan bakar gas.. Fungsi genset adalah untuk memberikan suplay daya listrik alternatif untuk alat-alat yang membutuhkan listrik sebagai sumber powernya, saat listrik PLN padam.

JENIS GENSET
Genset Open Type pada umumnya digunakan bagi pemakai yang mempunyai power house sendiri dan dirancang khusus untuk penempatan genset di dalam ruang/gedung yang kedap suara. Genset ini yang paling sering dipakai dirumah-rumah. Open Type mempunyai kelebihan dalam hal kemudahan perawatan karena kondisinya yang terbuka. Bongkar pasang mesin lebih mudah dilakukan.

Genset Silent Type mempunyai canopy (rumah genset) berbentuk segi empat. Canopy ini terbuat dari bahan plat besi dan dilapisi dengan busa peredam (accoustic foam). Lapisan ini memberikan peredaman yang cukup baik sehingga suara mesin dikeluarkan tidak membuat kebisingan (dalam batas normal). Canopy genset dirancang dan diproduksi dengan konstruksi knock down serta dilengkapi pintu-pintu untuk memudahkan akses ke dalam genset agar memudahkan pengoperasian dan perawatan.

Genset mobile type merupakan gabungan antara genset Open type dan Silent type. Tipe ini diperlukan bagi pemakai yang memerlukan mobilitas tinggi dalam penggunaannya. Perusahaan pembuat film dan stasiun televisi banyak memakai genset tipe ini untuk keperluan syuting di luar kota. Disamping itu genset tipe ini sangat berguna untuk menyuplai daerah yang mengalami pemadaman listrik (PLN) secara terlokalisir karena dapat dengan mudah dipindahkan.

HARGA GENSET
Berbagai jenis genset dijual dipasaran dengan berbagai merek dan harga mulai Rp 1,35 Juta hingga Rp 5 juta. Beberapa merek yang sering dijumpai adalah Krisbow, Firman, Yamaha, Honda. Berikut harga Genset yang mungkin bisa jadi Acuan :
Merk Output harga
Firman 600 w 1,35 juta
Firman 850 w 1,55 juta
Krisbow 950 w 1,95 juta
Firman 1100 w 2,65 juta
Krisbow 2700w 3,87 juta

MERAWAT GENSET
Untuk mengoptimalkan umur genset ada beberapa hal pokok yang harus menjadi perhatian serius. Hal ini berlaku baik genset engine 2-tak, 4-tak maupun genset engine diesel. Adapun langkah perawatan kurang lebih adalah:

* Pastikan oli mesin yang Anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin, tambahkan jika oli kurang dan ganti jika sudah cukup lama digunakan. Pastikan oli yang Anda gunakan adalah oli dengan kualitas yang baik.

* Pemanasan mesin dibutuhkan bagi genset, dengan jangka waktu tergantung dari jenis genset tersebut. Misalnya genset dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin paling tidak satu minggu sekali. Ini dikarenakan genset menggunakan aki yang membutuhkan pengisian yang konsisten. Terlalu lama tidak menghidupkan genset akan menyebabkan aki kosong

* Untuk memperpanjang umur generator Anda, gunakan generator dalam kapasitas continous bukan kapasitas maksimumnya. Misalkan generator dengan rated current 2,0 KVA dan Max. current 2,2 KVA sebaiknya digunakan dalam kapasitas maksimal 2,0 KVA atau sekitar 1.600 Watt.

* Gunakan generator dengan pemberian beban bertahap. Jangan beri beban tinggi dalam suatu masa yang sama. Misalkan dengan menghidupkan AC secara bertahap, jangan berbarengan.

T I P S
Bagaimana memilih dan menggunakan genset yang tepat
1. Hitunglah kebutuhan listrik yang akan di pergunakan. Hitung semua daya yang akan dipakai genset tersebut, fikirkan “akan menggunakan apa saja ketika akan memakai genset tersebut?”, untuk memudahkan penjumlahan, baiknya semua satuan dikonversi ke dalam satuan yang sama. Kalau tidak ingin repot, lihat saja kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah.
2. Tentukan berapa besar daya genset yang di butuhkan. Contoh kebutuhan listrik di rumah adalah 900 VA maka genset yang di butuhkan sekurang-kurangnya sama atau sedikit lebih besar dari 900 VA sebagai spare misalnya untuk mengantisipasi seandainya ada teman yang datang nonton bola sambil bawa TV sendiri.
3. Jika gensetnya sudah ada maka untuk memfungsikan genset tenaga sekunder butuh sedikit instalasi pada sistem listriknya, perangkat yang di pasang di sini adalah switcher untuk mengaktifkan kapan daya listrik di pergunakan dan kapan dayanya menggunakan genset. Ada juga perangkat tambahan seperti alarm yang gunanya untuk memberitahukan kalau listrik sudah menyala kembali. Sebagai tambahan sebenarnya ada alat otomatis untuk melakukan fungsi ini tapi harganya agak mahal.
4. Setelah instalasi selesai, genset sudah dapat digunakan.
5. Cari genset yang menggunakan bahan bakar yang mudah di dapatkan di sekitar rumah, karena ada juga genset yang menggunakan solar, adapula yang menggunakan bensin.
6. Pilih genset yang “soundproff” agar suaranya tidak menganggu. Beberapa produsen genset sudah menyediakan tipe yang soundproff.
7. Letakkan genset di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.
(dari berbagai sumber)

Home I Portfolio I Jasa I Konsultasi I Arsitektur I Interior I Lansekap I Tips I Perabot I Perkakas I Jalan-Jalan I Hobi I Kontak I Copyrights @2009-2013 Rudy Dewanto Template by x-template