16.8.10

RISHA : RUMAH INSTAN SEDERHANA SEHAT

RISHA adalah sebuah konsep rumah dimana seluruh komponen dapat di bongkar-pasang atau knock down system. Analoginya ialah permainan LEGO. Model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan sebuah inovasi teknologi konstruksi yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Departemen Pekerjaan Umum yang juga merupakan program percepatan Gerakan Nasional Pengembangan Sejuta Rumah (GNPSR).
RISHA singkatan dari “Rumah Instan Sederhana Sehat”, satu inovasi desain konstruksi dari Pusat Litbang Permukiman Departemen Pekerjaan Umum. Desain konstruksi ini mengacu kepada rancangan konstruksi bangunan rumah tinggal sistem bongkar pasang (knock down) dengan komponen-komponen yang dibuat secara pabrikasi. Jadi komponen konstruksi penyusun rumah berdasarkan ukuran modular. Sistem ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung Kepmen Kimpraswil No. 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Rumah Sederhana Sehat (RSH).

RSH sistem RISHA diharapkan dapat digunakan dalam penyediaan perumahan masyarakat yang berpenghasilan rendah, atau rumah swadaya, bahkan juga memungkinkan untuk diterapkan dalam menangani perumahan bagi pengungsi, rumah darurat. Korban bencana dan lain-lain.

KEUNTUNGAN
  1. Pembangunan bisa dilakukan bertahap
  2. Dapat dikembangkan secara horizontal maupun vertikal (2 lantai)
  3. Dapat dibongkar pasang, bahkan dapat dipindahkan ke lokasi diinginkan.
  4. Modul ringan (maksimum 50 kg)
  5. Pemasangan hanya membutuhkan waktu 1 hari (bilamana kondisi SDM dan lapangan seperti memadai)
  6. Modul dapat diproduksi secara home industry dalam upaya pengembangan UKM
  7. Fleksibilitas desain tinggi, tergantung kreatifitas perancangnya
  8. Dapat digunakan untuk bangunan umum dan fasos (masjid, sekolah, perkantoran, puskesmas, dan lain-lain)

PENGUJIAN RISHA
Risha telah mengalami beberapa pengujian struktur antara lain ;
1. Pengujian struktur komponen
* Uji tekan
* Uji geser
* Uji lentur
* Uji skala penuh
2. Pengujian bahan
3. Pengujian kenyamanan

KONSEP
RISHA menggunakan sistem bongkar pasangsehingga rumah tersebut dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru yang diinginkan. RISHA juga dapat dikembangkan secara horizontal maupun vertikal (2 lantai). Komponen modular RISHA merupakan analogi permainan anak-anak yaitu Lego atau Tamiya. Hal ini memungkinkan penerapan aplikasi RISHA untuk bangunan seperti toilet umum, saung, rumah kos, pos jaga, dan rumah tinggal tentunya.

RISHA adalah merupakan sebuah hasil rekayasa teknologi konstruksi rumah sederhana sehat, yang tentunya terdapat aspek manejemen untuk mewujudkan konsep industri kontruksi, dimana RISHA bukan lagi sekedar metode membangun rumah secara tradisional, tetapi sudah memasuki sebuah ranah industri konstruksi yang berdiri kokoh dengan konsep-konsep menejemen konstruksi yang modern.

ANGGARAN BIAYA
Aspek pembiayaan RISHA untuk proses produksi, dapat diperhitungkan secara konvensional, perhitungan biaya atas dasar harga satuan per meter persegi. Namun demikian teknologi konstruksi sistem RISHA ini memungkinkan untuk diperhitungkan dengan metode harga satuan per modul sehingga dapat diperhitungkan harga kebutuhan modul per unit rumah.

Adapun harga satuan modul diperhitungkan dengan analisis harga satuan yang merupakan standar baku perhitungan harga satuan. Untuk saat ini bisa disampaikan harga satuan aktual modu;-modul RISHA. Modul RISHA P1 seharga Rp 100.000,- Modul RISHA P2 Rp 90.000,- dan Modul RISHA P3 adalah Rp 80.000,- Harga-harga ini sudah diperhitungkan secara industri konstruksi.

Dalam prakteknya harga satuan rumah Sistem RISHA juga harus diperhitungkan jenis-jenis bahan pengisi struktur lainnya seperti dinding, lantai, pintu-jendela,atap dan finishing. Yang melegakan dari rumah Sistem RISHA ini karena pengisi struktur RISHA dapat mempergunakan berbagai jenis bahan mulai dari yang paling sederhana seperti sesek sampai yang lebih baik misalkan bata aerasi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen pembiayaan RISHA akan sangat bergantung pada harga satuan modul RISHA. Jika harga modul ini naik, maka pasti harga pembangunan secara keseluruhan akan naik. Biaya per satuan meter persegi rumah dengan teknologi Sistem RISHA dapat dibandingkan dengan harga satuan rumah dengan teknologi konvensional khususnya untuk rumah sederhana dalam hal bahan pengisi strukturnya. Oleh sebab itu rumah Sistem RISHA akan tetap lebih murah jika menggunakan bahan pengisi struktur kelas KW menengah atau bahkan KW 3.

KEKURANGAN
  1. Baut-baut join antar modul masih kelihatan, kurang menarik dari segi estitika dan berpotensi karat.
  2. Sayanganya hanya terbatas untuk 2 lantai saja. Tidak bisa lebih.

Lebih detail mengenai RISHA bisa mengunjungi Workshop Puslitbang Pemukiman Departemen Pekerjaan Umum di :
Komp. Binakarya 1 Blok A No.10
Cimekar Cileunyi – Bandung

(Sumber : http://puskim.pu.go.id dan foto : istimewa)

Home I Portfolio I Jasa I Konsultasi I Arsitektur I Interior I Lansekap I Tips I Perabot I Perkakas I Jalan-Jalan I Hobi I Kontak I Copyrights @2009-2013 Rudy Dewanto Template by x-template