5.11.10

G A R A S I

Garasi adalah tempat untuk menyimpan kendaraan agar kendaraan mempunyai tempat yang aman dan terlindung dari cuaca luar seperti terik matahari, air hujan dan juga embun. Embun yang mengandung asam berpotensi membuat kendaraan berkarat. Jadi jika terlindung didalam garasi maka usia kendaraan dapat lebih panjang karena dapat menghambat proses karat yang terjadi pada bodi mobil ataupun bagian-bagian yang terpapar kepada embun dan air.

Ukuran garasi tergantung kepada besar kecilnya kendaraan, untuk kendaraan kecil cukup garasi dengan ukuran 2,4m x 4,8m, tetapi untuk kendaraan yang lebih besar harus mempunyai ukuran 3m x6 m.

UKURAN GARASI
Tentunya untuk membuat garasi, ukuran sangat penting terutama, mengacu pada kendaraan jenis apa yang akan menghuni garasi tersebut dan bisa jadi kita juga harus mempertimbangkan jumlah kendaraan yang akan disimpan di garasi. Setiap rumah tentu memiliki luas lahan berbeda. Ada yang luas, bahkan ada yang sempit. Jika luas tentu mudah membuat garasi kendaraan. Yang sulit jika lahannya sempit. Tentu serba salah mengatur letak garasi. Jangan tempatkan benda-benda yang membuat garasi jadi sumpek.

Biasanya, ukuran standar garasi untuk sebuah mobil adalah 3 x 6 meter. Ukuran itu dapat memuat mobil jenis apa saja. Seringnya kita mendapati ukuran garasi 3 x 5 meter. Masih memungkinkan tapi pastinya tidak selulasa 3 x 6 meter. Jika punya kendaraan lain seperti motor, pertimbangkan ukurannya 3 x 6 meter. Jika mempunyai 2 kendaraan atau mobil disarankan untuk membuat garasi 5 x 6 meter. Perlu diingat, bahwa mengukur dimensi mobil, harus mempetimbangkan jarak buka pintu mobil. Usahakan kita bisa masuk dan keluar mobil dengan leluasa.

POSISI GARASI
Tentunya posisi garasi harus didepan. Dibelakang atau disamping pun sebenarnya tidak apa apa asalkan ada akses ke jalan. Yang pasti gampang dilalui kendaraan. Jadi keluar-masuk kendaraan tak akan sulit serta terganggu. Paling ideal adalah lurus dengan pintu pagar rumah. Jadi begitu sampai depan rumah, kendaraan bisa langsung masuk garasi dengan mudah. Harap diingat bahwa pintu garasi juga harus memadai cara bukanya. Supaya tidak menyulitkan kita ketika memasukkan atau mengeluarkan kendaraan.

BENTUK GARASI
Bentuk garasi umumnya persegi. Usahakan sesuai dengan bentuk dan body kendaraan. Jangan terlalu banyak sekat didalam garasi, karena akan menyulitkan kita sendiri dalam menempatkan kendaraan. Artinya ruangannya bebas dari perabotan. Tapi biasanya boleh saja menempatkan lemari perkakas untuk menyimpan perlatan kendaraan semacam dongkrak, obeng dan peralatan lainnya. Jangan lupa untuk memberi fentilasi. Tujuannya, agar ada sirkulasi udara dalam garasi. Bila kondisi mesin mobil panas setelah dipakai jalan, udara bisa bebas bertukar. Dengan demikian panas mesin mobil bisa cepat dingin.

MATERIAL LANTAI
Lantai garasi yang baik adalah yang permukaannya kasar dan kokoh. Bisa menggunakan keramik tapi usahakan yang jenisnya rocktile, karena umumnya keramik berjenis rocktile memang khusus untuk ruang yang menerima beban berat dan tidak licin. Tetapi juga tidak kasar sekali, agar jika kena tumpahan oli, gampang membersihkannya. (Rudy Dewanto, foto : istimewa)

Home I Portfolio I Jasa I Konsultasi I Arsitektur I Interior I Lansekap I Tips I Perabot I Perkakas I Jalan-Jalan I Hobi I Kontak I Copyrights @2009-2013 Rudy Dewanto Template by x-template