5.3.11

ROTI TAWAR UNTUK MERAWAT LUKISAN

Banyak yang tidak tahu jika Lukisan yang kebanyakan dilukis dengan cat minyak dapat dirawat dengan menggunakan roti tawar. Roti tawar ini digunakan untuk menyerap debu yang menempel.

Cara penggunaan roti tawar untuk membersihkan debu di lukisan itu berbeda dengan jika menggunakan lap kain halus atau kuas lembut. Caranya roti tawar dipegang, kemudian dijalankan di permukaan lukisan. Tidak boleh ditekan, jadi cuma antara menempel dan tidak, nanti debu yang ada akan terserap dengan sendirinya.

Setelah seluruh permukaan lukisan diusap dengan roti tawar sampai bersih, proses berikutnya adalah mengoleskan cairan kimia khusus untuk melindungi warna lukisan agar tidak pudar. Kebiasaan membersihkan Lukisan dengan Roti Tawar ini juga dilakukan oleh salah satu Maestro Perupa Indonesia, Almarhum Basuki Abdullah. Semua lukisan Basuki Abdullah yang terbuat dari cat minyak dirawat seperti itu, hingga kini masih dalam kondisi baik, bahkan tidak mengalami perubahan warna yang signifikan. Warna lukisan kelihatan aslinya, tidak ada yang rusak. (dari berbagai sumber/foto:istimewa)

Home I Portfolio I Jasa I Konsultasi I Arsitektur I Interior I Lansekap I Tips I Perabot I Perkakas I Jalan-Jalan I Hobi I Kontak I Copyrights @2009-2013 Rudy Dewanto Template by x-template